Pidato perpisahan kelas 6 SD yang sangat berkesan

 Pidato perpisahan kelas 6 SD yang sangat berkesan

perpisahan kelas 6 sd

Pembaca yang tercinta, perpisahan adalah saat  yang sangat mengharukan , saat dimana kita harus rela berpisah dengan orang orang yang paling kita sayangi atau bahkan orang dekat dengan kita, Demikian pula dengan perpisahan di SD atau MI , perpisahan pasti akan terasa sulit untuk dilupakan, terlebih selama 6 tahun kita selalu bersama dalam suka maupun duka, saat belajar bersama membuat kliping atau saat bermain drama.
Dalam acara perpisahan yang dihelat di sekolah-sekolah tentunya akan ada pidato sambutan, seperti pada umumnya pidato panitia, pidato Kepala Sekolah, atau juga pidato dari siswa perwakilan kelas enam.
Pada kesempatan ini admin   akan memberikan contoh pidato perpisahan yang sangat berkesan. Baca Juga Profil ; Ir Joko Widodo dan Juga Sandiaga Uno

Contoh Pidato Perpisahan SD Kelas 6 no.1.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SD Genengadal I dan Bapak/Ibu Guru;
Yang terhormat Bapak Ibu anggota Komite sekolah dan para  tamu undangan;
Yang saya hormati Bapak Ibu wali murid kelas 6 yang berbahagia
Kawan-kawanku yang tercinta dan adik kelas yang saya sayangi

Terlebih dahulu,marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Yang telah melimpahkan Hidayah dan tufiq-Nya kepada kita.Sehingga pada kesempatan ini,kita dapat berkumpul pada acara Perpisahan kelas 6, SD genengadal 1 tahun Ajaran 2018/2019.
Selanjutnya shalawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, mudah mudahan kita mendaptkan Syafaatnya kelak di Yaumil Kiamat. Aminn.

 Bapak Ibu guru yang saya hormati  dan Teman-teman yang saya cintai
Sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat .Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di Sekolah ini.Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat Guru-guru yang telah mengajari kami. Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba, dan hari ini adalah hari terakhir kami ada disekolah ini menimba ilmu di sekolah ini. Enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu Guru,hari ini saya sebagai  wakil dari kelas enam mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya, dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada bapak/ibu orang tua kita semua yang telah memberi dukungan  kepada kami semua.
Teruntuk teman-teman semua, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita kalian.
Akhir kata,saya dan teman-teman ingin mengucapkan Selamat tinggal sekolah tercinta  ini dan Kami tidak akan melupakan SD Negeri Genengadal I ini.
Sekian dari saya, mohon maaf bila ada salah kata. Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kepada yang kami hormati Bapak Suroso, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri genengadal 1
Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu guru SD Genengadal 1
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu wali murid
Tak lupa teman-teman kelas 6 yang berbahagia

Terkhusus kepada kepada kedua orang tua kami...
Ijinkanlah kami ini, berada di hadapan Bapak/Ibu sekalian untuk mengungkapkan sepatah dua patah kata, mewakili teman-teman kelas 6

Pertama-tama, marilah kita ucapkan Alhamdulilahirobbil Alamin, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wataala, atas segala limpahan rahmat dan karunianya. Nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehinggga kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
Sholawat dan salam juga semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shallalllahu 'Alaihi Wasallam, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia dengan ajaran yang beliau bawa hingga akhir jaman. Amin.
Tak ada gading yang tidak retak. begitupun dengan apa yang akan kami sampaikan nanti. Pasti akan banyak kesalahan dan kehilafan. Untuk itu, mohon maafkan dan maklumi kami.
Bapak ibu guru yang saya cintai, ijinkanlah kami menyampaikan beribu ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu  guru semua. Berkat bimbingan Bapak dan Ibu sekalian, kami bisa menjadi seperti ini. Bisa membaca, menulis, bisa menghitung dan bisa belajar untuk menjadi manusia yang sesungguhnya.
Dengan kasih sayang, engkau membimbing kami. Tiada ada kata bosan. Selalu sabar menghadapi tingkah polah kami yang kadang membuat jengkel. Maafkan kami. Jasa kalian tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Tanpa bimbingan kalian semua, apalah arti diri kami semua.
Teman-teman yang tercinta, ini adalah hari perpisahan kita di Sekolah yang kita cintai ini. Berat rasanya meninggalkan enam tahun  kebersamaan kita. Bersama kita bermain,bersenda gurau, tertawa, bercanda. Sungguh, kenangan indah itu tidak akan pernah terlupakan.
Walaupun hari ini kita berpisah, marilah tetap kita jaga persaudaraan ini hingga kapanpun. Kalian semua adalah teman-teman terbaik.
Bapak dan Ibu Orang tua dan wali murid sekalian. Inilah anakmu, dengan segala kelebihan dan kekurangan pada kami. Bimbinglah kami dengan sabar dan tiada henti. Kami masih haus bimbingan dan kasih sayangmu. Didiklah kami sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.
Demikianlah pidato singkat perpisahan sekolah di kelas 6 ini, mohon ma’af apabila ada kekurangan dan slah kata dari kami.
Wabilahit Taufiq wal hidayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Contoh 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Yang terhormat bapak Kepala Desa ..................
Yang saya hormati Bapak pengawas SD .............,
Yang saya hormati Bapak Ketua Komite SD Negeri ..........
Yang saya hormati bapak kepala sekolah SD Negeri ................
Yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta staf SD Negeri ...................

Bapak Ibu wali murid yang kami hormati, serta teman-teman dan adik-adik yang kami banggakan dan kami sayangi.
Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa ta'ala, yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul di hari yang sangat bahagia ini, dalam acara Pelepasan kelas 6 SD Negeri yang tercinta ini, shalawat dan salam Semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi salam semoga kita termasuk umatnya, amin YRA.

Baca Juga : Naskah Drama anak sekolah
Terima kasih saya ucapkan kepada pembawa acara atas waktu dan tempatnya, saya sebagai perwakilan teman-teman kelas 6 pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada guru semua. yang telah memberikan ilmunya kepada kami, mendidik kami dan menyayangi kami selama ini sejak dari kelas 1 hingga kelas 6 sekolah dasar. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat di Sekolah Dasar Negeri 1 Genengadal ini, mungkin kita semua masih ingat saat kita masih baru memasuki bangku sekolah dasar di kelas 1 hingga pada hari ini kita telah menyelesaikan pendidikan dasar.

Banyak hal yang telah dilewati, belajar bersama Mengerjakan tugas bersama dan bermain bersama. Ada kalanya kita pun kadang dimarahi oleh bapak ibu guru karena kenakalan kita. Semua hal tersebut telah mewarnai indahnya bersekolah di sekolahan ini .

Bapak ibu guru yang kami hormati, terima kasih atas bekal ilmu dan bimbingannya kami sadar kami bukanlah yang terbaik, tetapi kami akan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan membuat kalian bangga, nasehat dan ilmu yang dengan ihlas kalian berikan akan selalu kami ingat dan kami amalkan sepanjang hidup kami . Ma’afkan kami juga bila selama ini ,kami telah membuat kalian jengkel dan marah. Do’a restu kalian selalu diharapkan walau di manapun kamu berada nanti .

Teman-teman kita semua tahu bahwa perpisahan bukanlah hal yang menyenangkan apalagi kebersamaan sudah kita jalin sejak dari kelas 1, namun perpisahan Kali ini harus kita sambut dengan penuh sukacita sebagai langkah awal untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi, kita akan bertemu lagi di lain kesempatan dan mengenang kembali persahabatan indah kita. Selamat berjuang teman-teman di sekolah berikutnya. Untuk adik-adik kelas kami, kami berpesan lanjutkan prestasi yang sudah kami capai atau bahkan capailah prestasi yang lebih tinggi dan lebih baik lagi dengan terus belajar dan berkarya, harumkanlah nama sekolah kita ini. Buatlah guru dan orang tua kita bangga dan ukirlah prestasi sebanyak mungkin .

Sekali lagi wahai guru kami dan orang tua kami serta adik-adik kami, kami mohon pamit dan doa restu kalian agar kami bisa lebih sukses menatap masa depan, saya akan mempersembahkan pantun kepada Bapak/Ibu guru "ikan sepat ikan gurame di bawa orang pergi ke Medan, kami Doakan bapak ibu guru kami panjang umur sehat badan"
Demikian yang dapat saya sampaikan tiada gading yang tak retak Dan Tiada manusia yang sempurna mohon maaf atas segala salah dan kehilapan,akhir kata saya ucapkan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 4

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat bapak Kepala sekolah SDN 4 Sindurejo
Yang saya hormati ibu bapak guru SDN 4 Sindurejo
Yang saya hormati wali murid siswa kelas SDN 4 Sindurejo
Dan yang saya banggakan teman-teman murid SDN 4 Sindurejo

Puji syukur senantiasa kita panjatkan Ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala,atas limpahan nikmat yang diberikannya kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini untuk mengikuti acara pelepasan atau perpisahan murid kelas 6. Shalawat dan salam juga kita haturkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Semoga kelak kita mendapatkan syafaat nya di hari akhir.
Bapak kepala sekolah dan bapak ibu guru SDN 4 Sindurejo serta para hadirin yang saya hormati, perkenalkanlah saya mewakili teman-teman murid kelas 6 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan, kepada bapak ibu guru dan adik kelas kami para murid SDN 4 Sindurejo, hari ini saya merasakan waktu begitu cepat berlalu, 6 tahun berlalu sudah di depan kita semua, bagai sebuah kendaraan roda dua yang melaju cepat di hadapan kita, rasanya baru kemarin kami menjadi murid kelas 1 di sekolah ini, saat itu kami datang dengan berbagai kondisi yang berbeda-beda. ada yang diantar ibu ada yang harus ditunggu oleh Ibu Hingga jam pelajaran selesai dan ada juga beberapa dari kami yang memang sudah terbiasa mandiri, sehingga tidak perlu diantar. Kemudian datanglah ibu guru kelas 1 berusaha berkomunikasi dengan kami anak anak kecil dengan segala pola tingkah kami dengan sabar ibu guru yang baru kami kenal tersebut berbicara dengan lembut namun cukup tegas untuk membuat kami diam dan tenang menyimak setiap pembicaraan dari bu guru.Setelah itu perlahan-lahan kami mulai bisa membaca , menulis,belajar sopan santun dan pelajaran lainnya.
Untuk itu Ijinkanlah kami menghaturkan banyak terima kasih atas segala jasa-jasa bapak ibu guru yang telah mendidik kami, kami tidak mungkin bisa membalas semua jasa-jasa yang telah ibu dan bapak guru berikan .

Ibu bapak guru selama 6 tahun bersekolah di sekolah ini kami pasti telah banyak melakukan kesalahan kepada bapak dan ibu guru di sekolah ini, saat itu kami tidak pernah sedikitpun berpikir bagaimana perasaan bapak ibu guru ketika mengajar dan menanggapi kenakalan-kenakalan kami di kelas, ada yang suka ramai sendiri, ada yang suka mengganggu temannya dan berbagai kenakalan lainnya. Akan tetapi, dari itu kami menyadari bahwa kenakalan-kenakalan kami ternyata cukup merepotkan ibu bapak guru, untuk itu perkenankanlah kami mohon maaf atas semua perilaku kami yang tidak mengenakkan di hati ibu bapak guru. Kepada orang tua kami, kami ucapkan terima kasih karena telah merawat kami dan mendidik kami, kami juga mohon maaf karena pasti banyak kesalahan yang telah kami lakukan kemudian bagi adik-adik kelas kami mohon maaf atas semua kesalahan yang telah kami perbuat kepada kalian. Pesan kami janganlah kalian malas teruslah belajar dengan giat, tekun lah membaca buku marilah kita mengejar cita-cita kita, untuk teman-teman kelas 6 yang sudah lulus , marilah kita berjuang untuk menggapai cita-cita kita.

Terakhir dengan penuh harap kami mohon doa restu kepada bapak kepala sekolah, ibu dan bapak guru orang tua kami dan adik kelas, agar setelah meninggalkan sekolah ini senantiasa diberi kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi segala tantangan kehidupan yang sudah menunggu kami.
Terima kasih, demikian sedikit kata perpisahan dari kami, mohon maaf bila ada salah kata.
Akhirul kalam wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Itulah contoh - contoh pidato perpisahan SD yang sangat berkesan, semoga bermanfa'at dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ini.

Post a Comment

0 Comments