Contoh Pidato singkat berbagai tema

sumber foto : otakatikotak.com
Ayo Belajar- Postingan ini adalah contoh pidato singkat berbagai tema.untuk tugas sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Memang baru beberapa contoh tetapi di postingan lain juga ada pidato -pidato yang sifatnya umum, pidato berbahasa jawa, dan pidato bahasa arab, dan pidato lainnya, khusus di postingan ini nanti akan saya tambah apabila sudah mendapatkan topik yang lainnya.


Assalamu’allaikum Wr Wb

Selamat pagi, Bapak, Ibu, dan para hadirin sekalian yang saya hormati. Pada kesempatan hari ini. Pantaslah kita pandai bersyukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan.Nya kepada kita. Dan atas karunia alam yang begitu indah dan penuh berkah.
Sebagai ciptaan Allah SWT, sudah pantaskah kita menjaga kelestarian alam, ada beragam tindakan sederhana yang dapat kita lakukan mulai dari tidak membuang sampah sembarangan, mengelola sampah rumah tangga dengan baik, memilah sampah hingga tidak membangun rumah di daerah aliran sungai. Tindakan- tindakan sederhana ini setidaknya memastikan bahwa lingkungan kita tidak akan terkena banjir.
Banjir tidak hanya fenomena yang dapat disebabkan oleh alam melainkan juga tindakan kita sebagai manusia. Oleh karena itu, sebagai manusia yang bertanggung jawab, mari kita bertindak sebisa mungkin untuk mencegah terjadinya banjir terutama karena besarnya kerusakan yang dapat terjadi akibat fenomena ini.
Dengan melakukan tindakan pelestarian lingkungan, banjirpun dapat kita hindari, setidaknya jumlah dan jenis kerusakan dapat kita kurangi.
Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini, dimana ada kesalahan, kekurangan, dan kelebihan yang saya sampaikan, saya minta maaf sebesar-besarnya, dan saya sampaikan terima kasih .
Wassalamu’allaikum Wr Wb


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.
Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.
Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga

orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan,apabila ada salah kata dan ucapan yang kurang berkenan dihati para hadirin saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Assalamu’allaikum Wr Wb
Yang saya hormati Bapak dan ibu guru Mts Al Hidayah serta staf dan juga teman – teman yang saya  cintai.
Pada kesempatan yang biak ini marilah  kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahNyakepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.
Semua hadirin yang saya hormati pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan tentan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin sekalian,
Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang – orang dekat kita maka kitapun juga akan mendapatkan manfaatnya, oleh karenanya mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang cerdas, sehat dan suka berbuat kebaikan.

Hadirin yang saya hormati,
Demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan  bermanfaat dan dapat dilaksanakan, ahkir kata  saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh  

Pidato Doa

Bismilahirrohmanirrohimi

Para Hadirin sekalian marilah sejenak kita tundukkan kepala memohon dan meminta, semoga apa yang kita harapkan pada kesempatan hari ini dikabulkan olehNya.
Dan saya memohon izin untuk memimpin do’a ini secara agama islam, dan yang lainnya dimohon untuk menyesuaikannya.
Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Pada kesempatan yang penuh berkah ini, izinkan kami mengucapkan puji syukur atas segala karunia dan anugrah yang telah engkau berikan kepada kami, sehingga kami bisa berkumpul, bisa bersilaturahmi dan bisa menyelenggarakan peresmian cabang IKS PI Grobogan ditempat ini ya Allah
Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Jadikanlah peresmian ini sebagai sarana sebagai jalan untuk mempercepat hubungan kekeluargaan di antara kami ya Allah
Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Jadikanlah pula peresmian ini jalan untuk melancarkan perkembangan perguruan IKS PI di Grobogan ini ya Allah
Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Masih panjang perjalanan kami, masih berat beban yang harus kami pikul, masih besar pula tanggung jawab yang harus kami emban untuk memenuhi pesan guru besar kami ya Allah..
Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Bimbinglah generasi-generasi muda kami untuk memperbesar organisasi ini, jauhkanlah kami penerus-penerus kami dari segala fitnah yang bisa memecah belah organisasi ini ya Allah. Ya Allah jadikanlah perbedaan pendapat , selisih paham di antara kami sebagai sarana untuk mendapatkan mufakat
 Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Ampunilah segala dosa kami pada orang tua kami, guru besar kami, dan saudara-saudara kami
Ya Allah Ya Rohman Ya Rohim
Kabulkanlah do’a dan harapan kami hanya padamulah kami memohon.
Terima kasih sudah berkunjung di Ayo Belajar. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk adi-adik yang masih duduk dibangku SLTP

Post a Comment

0 Comments